Hal Terpenting dalam Hidup

Seorang Profesor filosopi berdiri di kelasnya dengan beberapa benda di meja di depan Beliau berdiri. Ketika kelas dimulai, tanpa sepata-kata Profesor mengambil sebuah toples besar dan kosong yang memiliki diameter 2 inci, kemudian Beliau mengisinya dengan bola golf.

Sang Profesor bertanya kepada muridnya “Apakah toples ini penuh?”.
Muridnya menjawab “Iya, itu penuh”.

Lalu kemudian Profesor mengambil sekotak kerikil dan menuangkan ke dalam toples yang sudah terisi bola golf tadi. Tentunya kerikil yang dituangkan masuk ke ruang sela-sela bola golf.

Profesor bertanya lagi ke muridnya “Apakah toplesnya penuh”,
“Ya”,jawab mereka lagi.

Profesor pun kembali mengambil sekantong pasir dan menuangkannya ke toples. Dan pasir pun terisi masuk ke ruang sela antara kerikil dan bola golf.

Beliau bertanya sekali lagi “Apakah toples tersebut penuh?”.

Dan muridnya menjawab “Ya Pak”.

“Sekarang”, katanya, “Saya ingin kalian hubungkan toples ini dengan kehidupan kalian. Bola golf adalah hal penting – keluarga kalian, pasangan kalian, kesehatan kalian, anak-anak kalian. Hal terpenting yang jika segalanya hilang hanya mereka yang tetap ada. Kerikil adalah hal-hal lain seperti pekerjaan kalian, rumah kalian, mobil kalian. Pasir adalah hal kecil lainnya”.

“Jika kamu mengisi pasir kedalam toples itu terlebih dahulu, maka disana tidak akan ada ruang untuk kerikil ataupun bola golf. Maka sama seperti hidup kalian, jika kalian menghabiskan semua waktu dan energi untuk hal-hal kecil, kalian tidak akan pernah mempunyai
ruang ataupun waktu untuk hal yang lebih penting. Perhatikanlah suatu hal yang sangat berharga untuk kebahagiaan kalian. Bermain dengan anak kalian,
mengajak pasangan keluar, dll. Selalu ada waktu untuk bekerja, membersihkan rumah, atau memperbaiki benda”.

“Perhatikanlah bola golf terlebih dahulu – hal yang paling utama dan berpengaruh dalam hidup. Menetapkan prioritas anda. Dan sisanya hanya pasir.”

0 comments on “Hal Terpenting dalam HidupAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *